Tahukah Kamu?

MENGAPA MAKAN  MIE INSTAN GELAS STEROFOAM BERBAHAYA?
Pada tahun 1998, ada laporan bahwa ada dioksin dalam mie instan gelas sterofoam. Dioksin adalah zat kimia yang memberikan efek samping seperti: membuat laki-laki menjadi seperti perempuan, mengurangi jumlah sperma laki-laki, menghambat pertumbuhan, menurunkan fungsi reproduksi dan kekebalan, juga membuat hormon yang dikeluarkan oleh tubuh menjadi tidak seimbang. Dioksin yang ditemukan di wadah yang terbuat dari sterofoam (polistiren) adalah stiren dimer dan stiren trimer. Namun, wadah mie instan sterofoam ini tidak sepenuhnya bahaya. Setelah dilakukan beberapa percobaan dan penelitian, dioksin ini muncul 20 menit setelah air panas dituangkan. Bila mie instan dalam gelas dimakan dalam waktu 10 menit, tidak ada masalah. Namun demikian, perlu diadakan lebih banyak lagi penelitian mengenai dioksin.

MENGAPA DI SAAT HUJAN BAU TERASA LEBIH MENYENGAT?

Ketika turun hujan dengan derasnya dan suara petir saling bersahutan
Tsabita     : “Uh, huek huek , bau apa ini ?”
Fatiha     : “Ada apa Tsabita ?”
Tsabita    : “Tiba-tiba aku mencium bau busuk. Pasti ada yang busuk nih. “
Fatiha    : “Bau busuk apa?” 
Tsabita    : “Pasti ada yang buang sampah di sekitar sini.”
Fatiha    : “Bukan buang sampah sembarangan, ini gara-gara hujan.”
Tsabita    : “Hah?? Hujan zaman sekarang berbau? Gimana kalau aku kena hujan?? Pasti bau semuanya.”
Fatiha    : “Bukan hujannya yang bau! Tapi saat hujan lebat, bau memang terasa lebih menyengat.”
Tsabita    : “Apa hubungannya hujan dengan bau??”


Sobat Adictif, sadarkah kalian saat hujan lebat bau akan terasa lebih menyengat daripada saat cuaca cerah. Apa sebabnya ya? Ayo, kita cari tahu!
Pada saat cuaca cerah, temperatur udara di atas lebih rendah sehingga udara di bawah mudah naik ke atas dan sirkulasi udaranya menjadi lancar dan tidak ada bau. Akan tetapi, saat hujan turun dengan lebatnya, temperatur udara di atas lebih tinggi sehingga udara di bawah yang mengandung bau tidak bisa naik ke atas dan sirkulasi udaranya menjadi tidak lancar. Maka dari itu baunya terasa lebih menyengat.
BEREKSPERIMEN YUK!


MENGANGKAT ES DENGAN BENANG

ALAT       : benang dan piring plastik
BAHAN   : es batu dan garam
Langkah-langkah eksperimen:
1. Letakkan es batu di atas piring plastik.   
2. Letakkan benang di atas es batu    
3. Taburkan garam di atas benang dan es batu
4. Setelah 5 menit, tarik benangnya ke atas.
Apakah es batu juga ikut terangkat ? Silakan mencoba! 

By Ustadzah Panca






Share on Google Plus

About SD MUHAMMADIYAH 18

Full Day School Education: Merupakan sistem pendidikan yang menerapkan pembelajaran mulai pagi hingga sore hari. Pembelajaran yang dilakukan adalah Integrated learning dengan memadukan pembelajaran tuntas dan nyaman dipadukan dengan pembiasaan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari yang tidak lepas kerjasama dengan orang tua dalam aktivitasnya. Program tersebut diharapkan mampu membawa perubahan sikap, prilaku serta pola fikir yang melekat pada peserta didik sampai pada pergaulan dan lingkungan sekitarnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Alhamdulillah....PPDB Tahun Pelajaran 2018-2019 kuota terpenuhi, kami membuka inden Tahun Pelajaran 2019-2020, Terima kasih atas kepercayaan Bapak/Ibu Wali Murid sangat berharga bagi SD Muhammadiyah 18 Surabaya dalam mencetak generasi unggul, santun, dan berprestasi