Menghidupkan Program Literasi dengan Mendongeng


Sedikitnya sekitar 500 orang siswa siswi SD Muhammadiyah 18 Surabaya antusias menyaksikan dongeng yang dibawakan pencerita Novita, yang digelar di halaman sekolah Jalan Mulyorejo Tengah No. 5 Surabaya, Kamis (1/2/2018).
Sebelum bercerita, Mbak Novita — panggilan sehari-harinya — menyampaikan pesan pesan edukatif. Salah satunya mengingatkan para siswa agar siswa suka membaca.
Selain itu, para siswa juga diingatkan agar menghormati guru-guru. “Ciumlah tangan bapak dan ibu guru kalian agar kalian mendapat berkah dunia dan akherat dari mereka,” teriaknya dengan lantang.
Setelah itu, Mbak Novita memulai cerita tentang kisah binatang, yang mengangkat tema tolong menolong dengan dasar ketulusan, kejujuran, dan keikhlasan.
Dongeng tersebut dibawakannya menggunakan media boneka tangan sehingga pertunjukannya menjadi lebih cair, akrab, dan disukai oleh anak anak.
Pada saat menyaksikan pertunjukan dongeng itu, para siswa duduk lesehan, sehingga memudahkan Mbak Novita membawakan cerita tersebut dan membangun komunikasi dengan para siswa.
Menurut Novita, kehadirannya di sekolah tersebut dalam rangka memenuhi undangan dan permintaan dari sekolah pada dinas kearsipan dan perpustakaan pemerintah Kota Surabaya.
“Kegiatan mendongeng ini sebagai gerakan literasi yang dilakukan oleh Dinas arsip dan perpustakaan pemerintah Kota Surabaya atas permintaan dari pihak sekolah Tujuannya membangun budaya baca, budaya menulis, dan merawat dongeng sebagai kekayaan budaya kita,” ujarnya.
Novita menegaskan dongeng sebagai warisan budaya leluhur memang harus dirawat atau dilestarikan.
“Dongeng itu menghibur, mendidik, dan mencerahkan,” paparnya.














Share on Google Plus

About SD MUHAMMADIYAH 18

Full Day School Education: Merupakan sistem pendidikan yang menerapkan pembelajaran mulai pagi hingga sore hari. Pembelajaran yang dilakukan adalah Integrated learning dengan memadukan pembelajaran tuntas dan nyaman dipadukan dengan pembiasaan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari yang tidak lepas kerjasama dengan orang tua dalam aktivitasnya. Program tersebut diharapkan mampu membawa perubahan sikap, prilaku serta pola fikir yang melekat pada peserta didik sampai pada pergaulan dan lingkungan sekitarnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Alhamdulillah....PPDB Tahun Pelajaran 2018-2019 kuota terpenuhi, kami membuka inden Tahun Pelajaran 2019-2020, Terima kasih atas kepercayaan Bapak/Ibu Wali Murid sangat berharga bagi SD Muhammadiyah 18 Surabaya dalam mencetak generasi unggul, santun, dan berprestasi