MILAD ke 48, Sekolah Gelar Andelas Trans Science Festival

Pembelajaran perlu inovasi dan dikembangkan untuk menjadikan pembelajaran menyenangkan. Sadar akan hal tersebut, SD Muhammadiyah 18 Surabaya mengadakan pameran inovasi media pembelajaran dan pentas seni yang dikemas dalam Andelas Trans Sains Festival, dalam rangka Milad sekolahnya yang ke 48 yang bertempat di ConventionHall Arif Rahman Hakim.
Sekolah yang berlokasi di Jalan Mulyorejo Tengah No. 5 Surabaya itu mengundang siswa TK dan wali murid TK B se-Surabaya, serta seluruh siswa kelas 1-6 beserta wali muridnya, Kamis (22/2/18).
Ketua Panitia ATSF Adi El-Akbar menuturkan, pihaknya ingin memeberi kesan kepada siswanya bahwa dengan sains mereka juga bisa bermain dengan belajar. “Kami ingin mengajak siswa kami untuk belajar sambil bermain melalui media pembelajaran interaktif yang kami buat” ujarnya.
Lebih lanjut, Ia mengungkapkan, jika media interaktif yang di pamerkan merupakan hasil kolaborasi karya guru dan siswa. “Media pembelajaran interaktif yang kita pamerkan, merupakan media yang kami gunakan dalam proses belajar mengajar satu tahun ini” jelasnya.
Ia beranggapan, jika selama ini, siswa lebih nyaman menggunakan kecanggihan teknologi dan sosmed di usia yang seharusnya belum waktunya. Sehingga, untuk mengalihkan hal tersebut, diperlukan desain pembelajaran sains yang interaktif dan menyenangkan.
Ada sekitar 20 media Inovatif, Salah satu media pembelajaran interaktif yang di pamerkan adalah House ofMultiplication. Media pembelajaran ini mengadopsi permainan catur yang bisa digunakan oleh dua pemain. Pembuat media House ofMultiplication Siti Uzlah menjelaskan, cara permainannya yang hanya bisa digunakan oleh dua saja. Yaitu, pertama masing-masing pion harus berdiri di atas salah satu kotak angka 1 hingga 10. Misalnya pion A berdiri di kotak angka 6 (dengan rumah berwarna merah), dan pion B berdiri di kotak 2 (dengan rumah berwarna kuning). Jika pion A, memulai permainan maka dia harus menyelesaikan perkalian 6×2, di mana hasil tersebut adalah 12, sehingga rumah berwarna merah milik pion A, harus menempati kotak angka 12, begitupun seterusnya. Jika rumah berjumlah 3 berada pada garis linier, baik membentuk garis horisontal, vertical maupun cross pion A akan mendapatkan skore 10.
Guru kelas 5 ini mengungkapkan, jika media pembelajaran ‘House ofMultiplication’ membantunya dalam proses belajar mengajar. “Kita ketahui, matematika masih menjadi momok bagi siswa karena kesulitan perhitungannya” ungkapnya.
Di sisi lain, 65 persen bilangan bulat seperti perkalian, pembagian, penjumlahan, pengurangan akan selalu ditemui siswa di ujian sekolah maupun ujian nasional, terlebih lagi mereka akan menemuinya di kehidupan mereka seperti dalam sektor pekerjaan maupun perdagangan nantinya.
“Media ini, berisikan media pembelajaran matematika dasar yang harus dikuasai oleh siswa kami. Mereka harus hafal diluar kepala mereka” Jelasnya.
Selain itu, menurutnya, media pembelajaran House ofMultiplication dirancang untuk melatih strategi, taktik dan konsentrasi siswanya dalam memainkan permainan media interaktif matematika ini. (Izzy).

About SD MUHAMMADIYAH 18

Islamic Full Day School Education:
Merupakan sistem pendidikan yang menerapkan pembelajaran integrated learning dengan memadukan pembelajaran tuntas dan nyaman serta pembiasaan karakter dan nilai islami dalam kehidupan sehari-hari yang tidak lepas kerjasama orang tua dalam aktivitasnya.Program tersebut diharapkan mampu membawa perubahan sikap, perilaku serta pola pikir yang melekat pada peserta didik sampai pada pergaulan dan lingkungan sekitarnya dengan menjadi muslim dan muslimah cerdas yang tangguh sebagai hamba Allah dan khalifah-Nya.

0 comentários:

Posting Komentar