Pola Pendidikan di Era Milenial Jadi Tantangan Orang Tua Pada Generasi Alpha



Mengingat tahun baru ajaran 2019-2020 akan segera berlangsung. SD Muhammadiyah 18 Surabaya gelar MOOT (Masa Orientasi Orang Tua) untuk para orang tua siswa kelas 1 tahun ajaran 2019-202p, dengan mengangkat sebuah tema "Wujudkan Generasi Islami, Unggul, dan Berkarakter di Era Milenial" ini yang berlangsung di Aula lantai 3, gedung SD Muhammadiyah 18 Surabaya, pada hari Sabtu, (6/7/19).

Pentingnya kegiatan ini tidak hanya pemaparan beberapa program sekolah dan penyampaian tata tertib sekolah oleh Cahyo Iswahyudi, S.Pd selaku kepala sekolah. Pemaparan target pembelajaran oleh tim guru kelas 1 dan juga pemaparan hasil psikologi siswa secara umum serta mengatasi pola pendidikan bagi anak-anak yang lahir pada generasi alpha di era milenial tersebut oleh Drs. Psi. Achmad Rifai, Msi, Psikolog

Generasi alpha sering kali disebut sebagai generasi era milenial dengan tahun kelahiran dimulai dari 2010. "Anak-anak yang tergolong dalam generasi alpha ini akrab dengan kecanggihan teknologi, mereka akan semakin bergantung pada teknologi dalam kesehariannya" ujar Ahmad Rifai, selaku psikolog.

Drs. Psi. Achmad Rifai, Msi, Psikolog memaparkan bahwa pola pendidikan tentunya memengaruhi anak (generasi alpha) ini di era milenial. Mengingat penggunaan gadget semakin tinggi, hal yang pertama dilakukan adalah dengan mengajak putra-putri kita gemar membaca, mendampingi pada saat penggunaan gadget, membatasi penggunaan serta memberikan ide-ide yang kreatif.

Emosional dan kreativitas serta sosial yang terbangun pada diri generasi alpha ini diharapkan terus berkembang ke arah yang baik, dengan diimbangi tentunya kecerdasan intelektual dan tingginya ilmu pengetahuan dan teknologi. (Mitha)


Share on Google Plus

About SD MUHAMMADIYAH 18

Full Day School Education: Merupakan sistem pendidikan yang menerapkan pembelajaran mulai pagi hingga sore hari. Pembelajaran yang dilakukan adalah Integrated learning dengan memadukan pembelajaran tuntas dan nyaman dipadukan dengan pembiasaan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari yang tidak lepas kerjasama dengan orang tua dalam aktivitasnya. Program tersebut diharapkan mampu membawa perubahan sikap, prilaku serta pola fikir yang melekat pada peserta didik sampai pada pergaulan dan lingkungan sekitarnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Telah dibuka Pebdaftaran PPDB Tahun Pelajaran 2020-2021, Dapatkan subsidi hingga 30%, kuota Terbatas, Syarat dan ketentuan berlaku.