Semarak Peringatan 1 Muharram 1437 H



Dalam era sekarang yang super canggih teknologi, momentum tahun baru islam nyaris terlupakan. Para siswa-siswi jenjang Sekolah Dasar lebih mengenal tahun baru Masehi. Kenyataan ini menggambarkan betapa miris.
Sebagai salah Sekolah swasta islam, SD Muhammadiyah 18 Surabaya melakukan upaya pencegahan agar anak didiknya tidak melupakan hari besar umat islam seperti tahun baru islam.
“Tahun baru Islam merupakan momen spsesial bagi seluruh umat Islam, termasuk SDM 18 Surabaya. Salah satu upaya pencegahan dengan cara menyelenggarakan lomba. Kegiatan ini bertujuan agar para siswa selalu mengenal, mengetahui dan memahami tahun baru islam, 1 Muharram,” tegas Kepala SDM 18 Surabaya, Ainul Rofiq, S.Pd, M.Pd.I
Menjelang datangnya Tahun Baru Islam, SD berlokasi di Mulyorejo Tengah no 5 Surabaya mengadakan lomba pada Selasa (13/10) ini. Panitia pelaksanaan menggelar lomba menyambut 1 Muharram untuk siswa-siswi Kelas 1 sampai Kelas 6. Tiap lomba dibagi dua ragam yakni per anak dan berkelompok atau per tim yang terdiri dari 5 murid. Lomba anak didik Kelas 1-6 seperti tahfid, iqomah dan adzan dengan peserta per anak. Sedangkan lomba berkelompok/per tim yang berisi 5 anak dari kelas 1-6 ada perbedaan.
“Untuk kelas 1-2 berkelompok lombanya meliputi gerakan sholat, nasyid/lagu islam. Lalu, khusus kelas 3-6 lomba terdiri sholat berjamaah, cerita islami (parody drama) dan nasyid lagu islam,” ujar Ketua panitia lomba, Ustadzah Cholifah, S.S
Dari beragam lomba, satu diantaranya cerita islam mempunyai daya tarik. Kegiatan ini sangat unik. Selain menceritakan islam yang berkonsep drama, para siswa-siswi menjadi “lakon”.
Dengan kegiatan lomba semacam cerita islam ini, diharapkan para murid SDM 18 Surabaya tidak hanya tau isi cerita saja. “Para Murid yang “melakoni” dapat mengingat. Hal ini juga dapat menanamkan makna peringatan tahun baru Islam,” tutur Ustadzah Cholifah. (LG) 

Penulis : L. Galih, S.Sos

About SD MUHAMMADIYAH 18

Islamic Full Day School Education:
Merupakan sistem pendidikan yang menerapkan pembelajaran integrated learning dengan memadukan pembelajaran tuntas dan nyaman serta pembiasaan karakter dan nilai islami dalam kehidupan sehari-hari yang tidak lepas kerjasama orang tua dalam aktivitasnya.Program tersebut diharapkan mampu membawa perubahan sikap, perilaku serta pola pikir yang melekat pada peserta didik sampai pada pergaulan dan lingkungan sekitarnya dengan menjadi muslim dan muslimah cerdas yang tangguh sebagai hamba Allah dan khalifah-Nya.

0 comentários:

Posting Komentar