Semarak Peringatan 1 Muharram 1437 H



Dalam era sekarang yang super canggih teknologi, momentum tahun baru islam nyaris terlupakan. Para siswa-siswi jenjang Sekolah Dasar lebih mengenal tahun baru Masehi. Kenyataan ini menggambarkan betapa miris.
Sebagai salah Sekolah swasta islam, SD Muhammadiyah 18 Surabaya melakukan upaya pencegahan agar anak didiknya tidak melupakan hari besar umat islam seperti tahun baru islam.
“Tahun baru Islam merupakan momen spsesial bagi seluruh umat Islam, termasuk SDM 18 Surabaya. Salah satu upaya pencegahan dengan cara menyelenggarakan lomba. Kegiatan ini bertujuan agar para siswa selalu mengenal, mengetahui dan memahami tahun baru islam, 1 Muharram,” tegas Kepala SDM 18 Surabaya, Ainul Rofiq, S.Pd, M.Pd.I
Menjelang datangnya Tahun Baru Islam, SD berlokasi di Mulyorejo Tengah no 5 Surabaya mengadakan lomba pada Selasa (13/10) ini. Panitia pelaksanaan menggelar lomba menyambut 1 Muharram untuk siswa-siswi Kelas 1 sampai Kelas 6. Tiap lomba dibagi dua ragam yakni per anak dan berkelompok atau per tim yang terdiri dari 5 murid. Lomba anak didik Kelas 1-6 seperti tahfid, iqomah dan adzan dengan peserta per anak. Sedangkan lomba berkelompok/per tim yang berisi 5 anak dari kelas 1-6 ada perbedaan.
“Untuk kelas 1-2 berkelompok lombanya meliputi gerakan sholat, nasyid/lagu islam. Lalu, khusus kelas 3-6 lomba terdiri sholat berjamaah, cerita islami (parody drama) dan nasyid lagu islam,” ujar Ketua panitia lomba, Ustadzah Cholifah, S.S
Dari beragam lomba, satu diantaranya cerita islam mempunyai daya tarik. Kegiatan ini sangat unik. Selain menceritakan islam yang berkonsep drama, para siswa-siswi menjadi “lakon”.
Dengan kegiatan lomba semacam cerita islam ini, diharapkan para murid SDM 18 Surabaya tidak hanya tau isi cerita saja. “Para Murid yang “melakoni” dapat mengingat. Hal ini juga dapat menanamkan makna peringatan tahun baru Islam,” tutur Ustadzah Cholifah. (LG) 

Penulis : L. Galih, S.Sos
Share on Google Plus

About SD MUHAMMADIYAH 18

Full Day School Education: Merupakan sistem pendidikan yang menerapkan pembelajaran mulai pagi hingga sore hari. Pembelajaran yang dilakukan adalah Integrated learning dengan memadukan pembelajaran tuntas dan nyaman dipadukan dengan pembiasaan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari yang tidak lepas kerjasama dengan orang tua dalam aktivitasnya. Program tersebut diharapkan mampu membawa perubahan sikap, prilaku serta pola fikir yang melekat pada peserta didik sampai pada pergaulan dan lingkungan sekitarnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Alhamdulillah....PPDB Tahun Pelajaran 2018-2019 kuota terpenuhi, kami membuka inden Tahun Pelajaran 2019-2020, Terima kasih atas kepercayaan Bapak/Ibu Wali Murid sangat berharga bagi SD Muhammadiyah 18 Surabaya dalam mencetak generasi unggul, santun, dan berprestasi