Sajikan Hidangan yang Bergizi


Siswa dapat menyusun menu makanan bergizi dan seimbang sebagai cara untuk menjaga kesehatan alat pencernaan dengan tepat. Makanan bergizi dan seimbang bukanlah makanan yang mahal dan enak rasanya. Makanan yang kita makan setiap harinya harus mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dan dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Apabila kebiasaan ini kita lakukan setiap harinya tentunya akan mendatangkan manfaat yang baik bagi kesehatan alat pencernaan kita.
 
Setiap orang akan memiliki kebutuhan makanan yang berbeda pula. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti umur, jenis kelamin, pekerjaan, dan berat badan seseorang. Makanan yang bergizi dan seimbang tertuang dalam makanan 4 sehat 5 sempurna. Makanan yang begizi merupakan salah satu materi mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) kelas 6 jenjang SD.
Dalam mengaplikasikan ilmu dari Mapel IPA materi menyajikan hidangan yang bergizi sesuai dengan 4 sehat 5 sempurna, para anak didik kelas 6 SD Muhammadiyah 18 Surabaya ditugaskan membawa hidangan dari rumah. Jenis-jenis makanan yang dibawa anak-anak seperti makanan poko, lauk pauk, sayur-sayuran dan buah-buahan.
Menu hidangan yang dibawa sangat variatif. “Anak-anak membawa makanan dan minuman dari rumah. Kami tidak mempermasalahkan makanan yang dibawa. Tapi kami menitik beratkan pada anak-anak dalam menyajikan hidangan,” ujar koordinator Kelas 6 SD Muhammadiyah 18 Surabaya, Dra Suprihatin.
Di kegiatan ini, para siswa SD yang dipimpin Ainul Rofiq, S.Pd, M.Pd.I melaksanakan praktek menyajikan hidangan yang bergizi. Sekitar 60 anak didik SDM 18 Surabaya dibagi beberapa kelompok.
Anak-anak berkarya secara tim menyajikan hidangan. Cara menyajian hidangan harus dilakukan anak-anak secara tepat. Hal ini sangatlah menentukan penilaian secara kelompok. “Selain cara menyajikan hidangan, kami menilai kandungan hidangan bernilai gizi atau tidak,” tegas Ustadzah Tin. (*)
Writter : Galih Saputra, S.Sos
Share on Google Plus

About SD MUHAMMADIYAH 18

Full Day School Education: Merupakan sistem pendidikan yang menerapkan pembelajaran mulai pagi hingga sore hari. Pembelajaran yang dilakukan adalah Integrated learning dengan memadukan pembelajaran tuntas dan nyaman dipadukan dengan pembiasaan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari yang tidak lepas kerjasama dengan orang tua dalam aktivitasnya. Program tersebut diharapkan mampu membawa perubahan sikap, prilaku serta pola fikir yang melekat pada peserta didik sampai pada pergaulan dan lingkungan sekitarnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Alhamdulillah....PPDB Tahun Pelajaran 2018-2019 kuota terpenuhi, kami membuka inden Tahun Pelajaran 2019-2020, Terima kasih atas kepercayaan Bapak/Ibu Wali Murid sangat berharga bagi SD Muhammadiyah 18 Surabaya dalam mencetak generasi unggul, santun, dan berprestasi