Asyiknya Bikin Makanan Tradisonal Jatim

Jawa Timur merupakan provinsi terbesar kedua di Indonesia. Daerah yang dipimpin H. Soekarwo ini mempunyai beragam kebudayaan dan makanan tradisional khas. Salah satunya adalah getuk lindri.Makanan ringan yang berbahan dasar singkong menjadi mapel (mata pelajaran) tematik kelas 6 SD Muhammadiyah 18 Surabaya.
 
Anak didik kami dengan bimbingan guru SBK, ustad Roni Handoko membuat produk makanan tradisional khas Pulau Jawa bagian Timur.Meski pembuatannya di Sekolah, anak-anak kami membawa bahan-bahan getuk lindri dari rumah seperti singkok 1 kg, gula pasir putih 350 gram, dan pewarna makanan cair, 1 sendok teh setiap masing-masing warna (kuning, hijau, merah, pink,) serta garam dapur 1 sendok teh. Selain itu, anak-anak juga menyiapkan kelapa agak tua1 buah, lalu parut hingga halus dan garam dapur halus 1 sendok teh.
 
Proses pembuatan dilakukan di kelas. Anak-anak kami mengupas Singkong terlebih dulu. Lalu, singkongdibersihkan sampai benar-benar terlihat putih mengkilap. Usai sterilisasi, anak-anak memotong singkong menjadi beberapa bagian. Setelah dipotong-potong, singkong direbus sampai tekstur singkong empuk atau pulen. Kemudian angkat tiriskan.Tumbuk atau ulek singkong yang sudah empuk tadi sampai benar-benar halus.

Masukan singkong yang telah dihaluskan dalam satu wadah, kemudian tambahkan gula pasir dan garam halus yang sudah disediakan, uleni dengan tangan sampai tercampur semuaPisahkan adonan menjadi beberapa bagian dalam wadah yang berbeda, kemudian beri pewarna yang berbeda dalam setiap adonan, aduk lagi sampai tercampur rataSiapkan cetakan getuk lindri atau bentuk adonan menjadi getuk lindri, kukus kembali sampai matang, sisihkan
Sambil menunggu matang, silahkan anda campurkan parutan kelapa dengan sedikit garam, aduk lalu kukus sebentar saja. Selama proses pembuatan, anak-anak kami melakukan secara kelompok dengan kompak, cepat, cekatan sehingga memudahkan pengerjaannya sampai tuntas.

Taburi getuk lindri dengan kelapa parut yang sudah dikukus tadi di atasnya getuk lindri siap untuk anda sajikan dan nikmati sebagai santapan nikmat. Horee…jadi juga getuk lindrinya. Begitu ungkapan anak didik kami. (*)

Writter : Galih Saputra S.Sos


Share on Google Plus

About SD MUHAMMADIYAH 18

Full Day School Education: Merupakan sistem pendidikan yang menerapkan pembelajaran mulai pagi hingga sore hari. Pembelajaran yang dilakukan adalah Integrated learning dengan memadukan pembelajaran tuntas dan nyaman dipadukan dengan pembiasaan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari yang tidak lepas kerjasama dengan orang tua dalam aktivitasnya. Program tersebut diharapkan mampu membawa perubahan sikap, prilaku serta pola fikir yang melekat pada peserta didik sampai pada pergaulan dan lingkungan sekitarnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Alhamdulillah....PPDB Tahun Pelajaran 2018-2019 kuota terpenuhi, kami membuka inden Tahun Pelajaran 2019-2020, Terima kasih atas kepercayaan Bapak/Ibu Wali Murid sangat berharga bagi SD Muhammadiyah 18 Surabaya dalam mencetak generasi unggul, santun, dan berprestasi