Generasi Mandiri Bertanggung Jawab


Kepanduan Hizbul Wathan merupakan agenda SD Muhammadiyah 18 Surabaya setiap tahunannya. Kegiatan bertema “Hizbul Wathan Memmbentuk Generasi Mandiri dan Tanggung Jawab” di ikuti seluruh anak didik SDM 18 Surabaya kelas 5 dan kelas 6, pada Jum’at – Sabtu (14-15/10/2016) di Perkemahan Agro Mulia, Pandaan Pasuruan, Provinsi Jawa Timur.

Melalui kegiatan kepanduan HW, para siswa-siswi SD berlokasi di kawasan Mulyorejo Tengah no 5, Surabaya dapat menjadi generasi yang tangguh di alam terbuka. “Kegiatan ini bisa menjadi sarana melatih untuk membentuk siswa SD Muhammadiyah 18 menjadi generasi yang kreatif, mandiri, berani, sportif, kompak, dan mampu menyelesaikan masalah terutama di alam terbuka,” tegas Ketua panitian Kepanduan HW, Dra. Suprihatin, M.Pd.I

Materi kepanduan HW kelas 5 dan kelas 6 meliputi pendirian tenda, tali simpul, jelajah, api unggun dan outbond. Khusus jelajah, para siswa yang telah dikelompokkan harus melewati pos 1 (kim), pos 2 (bifa), pos 3 (sandi kotak), dan pos 4 (pionering). Untuk materi outbond diantaranya planet ball, lempar bola air, sebrang selat, dan roda gila.
          Pada Materi outbon
da, para anak didik SD yang dipimpin Ainul Rofiq S.Pd begitu riang dan fun. Materi di alam terbuka ini mempunyai beberapa rintangan yang wajib dilalui. Keberanian dan kegigihan para siswa SD Muhammadiyah 18 Surabaya menjadi kunci utama pembentukan generasi mandiri bertanggung jawab.
Dalam Sekolah Muhammadiyah, kepanduan Hizbul Wathan merupakan salah satu dari tujuh organisasi otonom (ortom). Dengan kepanduan hizbul wathan, diharapakan menjadi bekal masa depan anak-anak SDM 18 Surabaya di alam terbuka. (*)







About SD MUHAMMADIYAH 18

Islamic Full Day School Education:
Merupakan sistem pendidikan yang menerapkan pembelajaran integrated learning dengan memadukan pembelajaran tuntas dan nyaman serta pembiasaan karakter dan nilai islami dalam kehidupan sehari-hari yang tidak lepas kerjasama orang tua dalam aktivitasnya.Program tersebut diharapkan mampu membawa perubahan sikap, perilaku serta pola pikir yang melekat pada peserta didik sampai pada pergaulan dan lingkungan sekitarnya dengan menjadi muslim dan muslimah cerdas yang tangguh sebagai hamba Allah dan khalifah-Nya.

0 comentários:

Posting Komentar