Mengolah SDA Laut Jadi Bahan Dikonsumsi



Sumber daya alam laut kita bisa menghasilkan makanan yang bervariatif.
Dari makanan yang dihasilkan dari sumber daya alam laut, diantaranya ikan dan krupuk sangat diminati terutama anak-anak.
Sebanyak 107 siswa dari kelas 3 Orchid, Sunflower, Jasmine dan 7 guru  pendamping SD Muhammadiyah 18 Surabaya mendalami sumber daya alam laut. 

Para anak didik SD berlokasi di kawasan Mulyorejo Tengah no 5 Surabaya melaksanakan kegiatan Pembelajaran Luar Sekolah di Pasar Tradisional Tempurejo, Pengolahan Ikan dan Krupuk serta Sentra Ikan Bulak, Surabaya.
Di pasar tradisional Tempurejo, para anak didik SDM 18 Surabaya belajar melakukan transaksi jual beli.

Usai dari pasar tradisional, para siswa 'menyambangi' kawasan wisata bahari Kenjeran. Selama di daerah pantai, anak didik SD berbranding Sekolah Plus melihat langsung hasil nelayan yakni ikan. Di sini, mereka juga mengetahui proses pembuatan krupuk khas hasil dari Kenjeran. "Nelayan itu 'Pahlawan'. Mereka berangkat melaut disaat air laut tdk surut. Dari nelayanlah, kita bisa mengisi perut dengan lauk pauk ikan. Sungguh luar biasa sumber daya alam laut kita," tegas siswi kelas 3 Orchid, Jasmine.

Di daerah kenjeran, para anak didik SDM 18 Surabaya juga bisa mengetahui proses pembuatan krupuk.
"Makanan pelengkap yang terasa ringan seperti krupuk sangat disukai banyak orang. Nah, jika selama ini kita hanya tau, krupuk itu enak dan krenyes. Tapi, dalam kegiatan yang di ketuai Ustadzah Adilla Yuniar Praharsanti, S.Pd, kita belajar mengolah bahan mentah yang berasal dari sumber daya alam laut menjadi bahan yang siap di konsumsi," kata Arvika, siswa kelas 3. (*)



Writter by : Galih Saputra, S.Sos

About SD MUHAMMADIYAH 18

Islamic Full Day School Education:
Merupakan sistem pendidikan yang menerapkan pembelajaran integrated learning dengan memadukan pembelajaran tuntas dan nyaman serta pembiasaan karakter dan nilai islami dalam kehidupan sehari-hari yang tidak lepas kerjasama orang tua dalam aktivitasnya.Program tersebut diharapkan mampu membawa perubahan sikap, perilaku serta pola pikir yang melekat pada peserta didik sampai pada pergaulan dan lingkungan sekitarnya dengan menjadi muslim dan muslimah cerdas yang tangguh sebagai hamba Allah dan khalifah-Nya.

0 comentários:

Posting Komentar