Asaku Adalah Nyata


SETAPAK demi setapak, SD Muhammadiyah 18 Surabaya mulai menggeliat dan bangkit untuk berbenah diri. Setelah digembleng oleh pakar inspirasi dan motivasi bagaimana menghadapi tantangan sekolah perkotaan pada 19-21 Desember  2016, kini penggemblengan itu dilanjut dengan workshop pembuatan media pembelajaran tematik yang berbasis sains.

Workshop yang dipandu oleh H. Ali Fuad, S.Pd selaku Wakabid Dikdasmen PCM Mulyorejo ini membuat para mujahid pendidikan di SD Muhammadiyah 18 membongkar dirinya untuk mengeluarkan semua talenta serta ide kreatif yang dimiliki.

Diawali diskusi tentang konsep belajar tematik, workshop yang dilaksanakan pada Sabtu, 7 Januari 2017 ini semakin siang semakin membakar energi positif dan melelehkan energi negatif. Alhasil, dari terbakarnya energi positif itu, ide-ide brillianpun menyeruak berdesakan keluar. Dari media pembelajaran bilangan loncat yang juga dapat digunakan untuk media pembelajaran perkalian, pembagian dan cara bergerak binatang yang diajarkan di kelas 2, sampai dengan media pembelajaran pencerminan dan pecahan. Semuanya berupa permainan yang menyenangkan dengan bahan pembuat yang cukup murah. 
Setiap ide dipresentasikan dan dikritisi dengan memberi masukan untuk penyempurnaan media pembelajaran yang dibuat. 

Sehari penuh menimba ilmu, ternyata terasa hanya sekejap mata. Sebagai tindak lanjut workshop ini, pada tiap level kelas, para mujahid pendidikan SD Muhammadiyah 18 diharuskan sudah mewujudkan ide brilliannya dua minggu ke depan. Dan tiap dua minggu itu pula sudah ada ide-ide brillian lainnya yang siap dipresentasikan, dikritisi, lalu diwujudkan. Media pembelajaran tidak hanya diproduksi satu buah saja, namun jumlahnya harus mencukupi untuk siswa satu kelas agar bisa memainkannya. Tidak hanya guru yang terlibat membuat, namun siswa dan wali murid  juga turut serta berkarya. Membentuk sinergi untuk kekuatan sekolah.

Seperti itulah nanti ke depannya. ide-ide ditumbuhkan seperti mata air yang tak pernah surut mengalir. Karya-karya diwujudkan dan akan menghiasi setiap kelas dan koridor- koridor serta laboratorium IPA dan Matematika. Tak perlu membeli, tapi membuat. Karena dengan membuat, memberi pengalaman nyata sebagai proses belajar. Selain itu, juga lebih hemat.

Terbayang dalam angan-angan. Pembelajaran yang begitu menyenangkan. Senyum ceria dan tawa renyah saat anak didik kami  belajar, tanpa mereka sadari bahwa mereka sedang belajar. Karena pembelajaran terkemas dalam permainan. Permainan yang menggelitik nurani dan pikiran mereka untuk bertanya, mencari, meneliti, dan akhirnya menemukan jawabannya.

Terbayang dalam angan-angan. Setiap wali murid dan siapapun yang berkunjung ke sekolah kami, bisa mencoba permainan yang akan kami tempatkan di koridor-koridor sekolah, dalam bentuk partisi-partisi yang menarik. Dan semua bisa belajar. Tak pandang siapa dan usia berapa. Karena selama masih ada usia di dunia , maka masih ada asa.

Semoga tak hanya angan, karena selayaknya untuk diwujudkan. Rintangan pasti ada. Namun itu bukan alasan untuk menyerah. 

Biarkan angan ini
Mengembara, mengudara
Bersama tiupan sang bayu
Menelusuri setiap lorong waktu
Namun jangan biarkan
Jiwa ini terlena 
Dalam lembut buaiannya
Karena aku
Harus tetap terjaga

Biarkan ku tatap
Indahnya cakrawala
Hijaunya dunia
Penuh tancapan tonggak asa
Penuh alunan kata-kata
Laksana mantra penggugah
Untuk tak surut langkah
Hingga tonggak asa
Menjelma nyata.

Anganku adalah asa
Asaku adalah nyata

Surabaya, 8 Januari 2017
Oleh: Baroroh Berlian Novantika/ Wakil Kepala SD Muhammadiyah 18 Surabaya
sumber : http://beritanusa.com
Share on Google Plus

About SD MUHAMMADIYAH 18

Full Day School Education: Merupakan sistem pendidikan yang menerapkan pembelajaran mulai pagi hingga sore hari. Pembelajaran yang dilakukan adalah Integrated learning dengan memadukan pembelajaran tuntas dan nyaman dipadukan dengan pembiasaan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari yang tidak lepas kerjasama dengan orang tua dalam aktivitasnya. Program tersebut diharapkan mampu membawa perubahan sikap, prilaku serta pola fikir yang melekat pada peserta didik sampai pada pergaulan dan lingkungan sekitarnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Alhamdulillah....PPDB Tahun Pelajaran 2018-2019 kuota terpenuhi, kami membuka inden Tahun Pelajaran 2019-2020, Terima kasih atas kepercayaan Bapak/Ibu Wali Murid sangat berharga bagi SD Muhammadiyah 18 Surabaya dalam mencetak generasi unggul, santun, dan berprestasi