Kreativitas Pembelajaran Al Islam


KEGIATAN Belajar Mengajar yang dilakukan secara kreatif para guru SD Muhammadiyah 18 Surabaya memunculkan inovasi pembelajaran siswa di berbagai mata pelajaran. Salah satu mapel yang melakukan inovasi yakni Al Islam.

Melalui tangan dingin guru berpotensi pembelajaran Al Islam dibuat pembelajaran yang inspiratif. Ketika mengajari para siswa kelas 4, belajar mapel Al Islam bisa dengan cara dan pengemasan berbeda. Model pembelajaran yang dilaksanakan, para siswa membuat mading. 

Dengan berbahan kertas asturo. Peralatan seperti pensil warna, gunting, lem guna menyusun ayat yg disusun acak dan keterangan semua surat yg disusun acak.

Para siswa melaksanakan proses pembuatan, masing-masing kelompok mengidentifikasi dan menyusun ayat-ayat yang acak menjadi susunan yg benar. Lalu setiap kelompok mengidentifikasi keterangan surat (jumlah ayat, isi kandungan dan sebagainya) sesuai dengan suratnya masing-masing. 

Kemudian langkah berikutnya, para siswa menghias dengan rapi dan se-kreatif mungkin. Setelah mading selesai, setiap kelompok wajib mempresentasikan
hasil karya masing-masing. Usai presentasi, hasil kelompok bisa ditempel di kelas supaya bisa dibaca setiap hari sehingga secara tidak langsung anak didik menghafal dan memahami surat dan isi kandungannya. Role model pembelajaran yang diciptakan ini menunjukan bahwa kreatifitas, kerjasama dan sosialisasi bisa dibentuk melalui inovasi belajar.(ZINATUL MAHBUBAH)
sumber : http://beritanusa.com

About SD MUHAMMADIYAH 18

Islamic Full Day School Education:
Merupakan sistem pendidikan yang menerapkan pembelajaran integrated learning dengan memadukan pembelajaran tuntas dan nyaman serta pembiasaan karakter dan nilai islami dalam kehidupan sehari-hari yang tidak lepas kerjasama orang tua dalam aktivitasnya.Program tersebut diharapkan mampu membawa perubahan sikap, perilaku serta pola pikir yang melekat pada peserta didik sampai pada pergaulan dan lingkungan sekitarnya dengan menjadi muslim dan muslimah cerdas yang tangguh sebagai hamba Allah dan khalifah-Nya.

0 comentários:

Posting Komentar