Study Air di Rumah Air


Air adalah sumber kehidupan. Dari air segala bentuk kehidupan di permukaan bumi dapat memulai siklus hidup, tak terkecuali manusia. Penyediaan air yang berkualitas sangat menentukan kualitas kehidupan manusia.
Menyadari pentingnya kandungan air di tubuh manusia, sebanyak 38 anak didik Kelas 6 SD Muhammadiyah 18 Surabaya mengunjungi Rumah Air Surabaya. Para siswa SD bermotto Unggul, Santub, Berprestasi melakukan pembelajaran langsung tentang air di kantor Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada Kota Surabaya.

Di lingkungan Rumah Air, para pelajar SD berlokasi di Mulyorejo Tengah no 5 Surabaya mengetahui bahwa  80 % tubuh manusia terdiri dari air. Adapun air mengalir ke anggota tubuh manusia. “75% Otak, Darah 83%, Hati 86 %, Ginjal 83%, Tulang 22%, Otot 73%,” urai siswi Kelas 6 Flash, Nuha Naziha.

Para siswa yang di dampingi beberapa guru pendamping juga melakukan touring di ruma air. Mereka melihat peralatan seperti Monometer, Voltmeter, Gembok Kuno, Bel Alarm tekanan air, Pompa air (water pump).

Tahap pengolahan air minum melalui aerasi, prasedimentasi, koagulasi flokulasi, filtrasi, desinfeksi, reservoir. Di PDAM Kota Surabaya juga ada kran air siap minum. Air produksi PDAM Surya sembada Kota Surabaya sebelum di distribusikan ke pelanggan dari Instalansi Pengolahan Air Minum telah melalui uji analisa kualitas air sesuai dengan standar PERMENKES Ri no 492/MENKES/2010 yang dilakukan di Laboratorium PDAM Surya Sembada Kota Surabaya serta Dinas Kesehatan Kota Surabaya.

Secara berkala, air baku dan air bersih di uji secara fisika, kimia, dan mikrobiologi. Di samping melakukan uji analisa kualitas air di Instalasi Pengolahan dan Sumber Air, Laboratorium PDAM Surya Sembada Kota Surabaya juga melakukan control kualitas air atau sampling ke pelanggan setiap bulan yang dilakukan secara acak.
Air PDAM aman untuk dikonsumsi.Namun, bila akan dikonsumsi sebaiknya air PDAM dimasak terlebih dahulu,” tutur Jelita Pinneke (*)




















About SD MUHAMMADIYAH 18

Islamic Full Day School Education:
Merupakan sistem pendidikan yang menerapkan pembelajaran integrated learning dengan memadukan pembelajaran tuntas dan nyaman serta pembiasaan karakter dan nilai islami dalam kehidupan sehari-hari yang tidak lepas kerjasama orang tua dalam aktivitasnya.Program tersebut diharapkan mampu membawa perubahan sikap, perilaku serta pola pikir yang melekat pada peserta didik sampai pada pergaulan dan lingkungan sekitarnya dengan menjadi muslim dan muslimah cerdas yang tangguh sebagai hamba Allah dan khalifah-Nya.

0 comentários:

Posting Komentar