Observasi Cahaya Sebagai Sumber Energi


Alam mempunyai beragam sumber energi. Sumber energi tersebutlah menjadi obyek pengamatan para anak didik kelas 3 SD Muhammadiyah 18 Surabaya.

Mereka membawa sapu tangan, tisu, dan kaca pembesar (luv) sebagai alat pembuktian sumber energi di alam.

Sebanyak ratusan siswa dari tiga rombel ini keluar kelas. Siswa mencelupkan sapu tangan dan beberapa helai tisi ke dalam air dulu sebelum menuju halaman sekolah.

Selama di halaman sekolah, sapu tangan dan beberapa helai yang dalam kondisi masih basah, di beber di atas tanah. Saat sapu tangan dan tisu posisi di bawah matahari, para siswa lalu meletakkan kaca pembesar (luv) diatas dua obyek tersebut.

"Ketika para pelajar SD berlokasi di kawasan Mulyorejo Tengah no 5 Surabaya meletakkan kaca pembesar di atas tisu dan sapu tangan akan terlihat cahaya yang terpusat pada satu titik," ujar salah satu Wali Kelas 3, Ustad Halim, S.Pd

Yang dilakukan anak didik SD bermotto 'Unggul, Santun, Berprestasi' adalah praktek pembelajaran. "Kami mempratekkan mengamati untuk mengetahui sumber energi di alam kita," tutur siswi kelas 3 Orchid, Nabila. (*)



















Share on Google Plus

About SD MUHAMMADIYAH 18

Full Day School Education: Merupakan sistem pendidikan yang menerapkan pembelajaran mulai pagi hingga sore hari. Pembelajaran yang dilakukan adalah Integrated learning dengan memadukan pembelajaran tuntas dan nyaman dipadukan dengan pembiasaan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari yang tidak lepas kerjasama dengan orang tua dalam aktivitasnya. Program tersebut diharapkan mampu membawa perubahan sikap, prilaku serta pola fikir yang melekat pada peserta didik sampai pada pergaulan dan lingkungan sekitarnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Alhamdulillah....PPDB Tahun Pelajaran 2018-2019 kuota terpenuhi, kami membuka inden Tahun Pelajaran 2019-2020, Terima kasih atas kepercayaan Bapak/Ibu Wali Murid sangat berharga bagi SD Muhammadiyah 18 Surabaya dalam mencetak generasi unggul, santun, dan berprestasi