Observasi Cahaya Sebagai Sumber Energi


Alam mempunyai beragam sumber energi. Sumber energi tersebutlah menjadi obyek pengamatan para anak didik kelas 3 SD Muhammadiyah 18 Surabaya.

Mereka membawa sapu tangan, tisu, dan kaca pembesar (luv) sebagai alat pembuktian sumber energi di alam.

Sebanyak ratusan siswa dari tiga rombel ini keluar kelas. Siswa mencelupkan sapu tangan dan beberapa helai tisi ke dalam air dulu sebelum menuju halaman sekolah.

Selama di halaman sekolah, sapu tangan dan beberapa helai yang dalam kondisi masih basah, di beber di atas tanah. Saat sapu tangan dan tisu posisi di bawah matahari, para siswa lalu meletakkan kaca pembesar (luv) diatas dua obyek tersebut.

"Ketika para pelajar SD berlokasi di kawasan Mulyorejo Tengah no 5 Surabaya meletakkan kaca pembesar di atas tisu dan sapu tangan akan terlihat cahaya yang terpusat pada satu titik," ujar salah satu Wali Kelas 3, Ustad Halim, S.Pd

Yang dilakukan anak didik SD bermotto 'Unggul, Santun, Berprestasi' adalah praktek pembelajaran. "Kami mempratekkan mengamati untuk mengetahui sumber energi di alam kita," tutur siswi kelas 3 Orchid, Nabila. (*)



















About SD MUHAMMADIYAH 18

Islamic Full Day School Education:
Merupakan sistem pendidikan yang menerapkan pembelajaran integrated learning dengan memadukan pembelajaran tuntas dan nyaman serta pembiasaan karakter dan nilai islami dalam kehidupan sehari-hari yang tidak lepas kerjasama orang tua dalam aktivitasnya.Program tersebut diharapkan mampu membawa perubahan sikap, perilaku serta pola pikir yang melekat pada peserta didik sampai pada pergaulan dan lingkungan sekitarnya dengan menjadi muslim dan muslimah cerdas yang tangguh sebagai hamba Allah dan khalifah-Nya.

0 comentários:

Posting Komentar