Robotik 18 (R-18)

MEA sebuah Era Baru dimana generasi dituntut memiliki wawasan luas, kemampuan berpikir dan berkreasi agar dapat beradaptasi dengan perkembangan informasi (IT) dan perkembangan teknologi yang cepat. Maka lembaga pendidikan sebagai contoh sekolah, tidak hanya memfokuskan pada pengembangan pengetahuan ilmiah dan teoritis saja, tetapi juga memperhatikan proses berpikir dan tingkah laku peserta didik untuk dapat beradaptasi diabad berikutnya.
            Ekskul (ekstrakurikuler) merupakan kegiatan yang dilakukan siswa sekolah di luar jam belajar kurikulum standar/utama. Siswa memilih sendiri sesuai bakat dan minat. Dari sekian banyak ekstrakurikuler yang ada di “Sekolah Plus” SD Muhammadiyah 18 Surabaya, salah satunya yaitu  Robotik. Ektra yang sangat menarik serta melatih nalar dan mental yang kuat, kolaborasi, emosi yang kooperatif dilaksanakan disana.
            Definisi dari “Robot Institute Of America”.  Bahwa “Sebuah robot adalah sesuatu yang dapat di program dan diprogram ulang, dengan memiliki manipulator mekanik/pengerak yang didisain untuk memindahkan barang-barang, komponen komponen atau alat-alat khusus dengan berbagai program yang fleksibel/mudah disesuaikan untuk melaksanakan berbagai macam tugas.
Beberapa Manfaat Belajar Robotik :
*      Merangsang berpikir sistematis dan terstruktur dalam menyelesaikan sebuah masalah . 
*      Meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak.
*      Meningkatkan  ketrampilan Imajinasi dalam mendesain sebuah robot,  karena dalam  merancang robot perlu kreativitas .
*      Melatih kerjasama dalam kelompok dan meningkatkan kepercayaan diri, menerima dan menghargai pendapat orang lain serta berani menyatakan atau menampilkan ide kreatifnya.
*      Melatih kesabaran dan ketekunan dalam membuat suatu  projek/karya

            Usia anak-anak adalah  usia perkembangan motorik halus . Motorik halus adalah kemampuan yang berhubungan dengan keterampilan fisik yang melibatkan otak kecil dan koordinasi mata-tangan. Saraf motorik halus ini dapat dilatih dan dikembangkan melalui kegiatan dan  rangsangan  yang kontinu secara rutin. Seperti, bermain puzzle, menyusun benda-benda membentuk pola yang diinginkan  seperti  robot, mobil, rumah , binatang dan sebagainya.
Hal ini mempunyai pengaruh dalam  kemandirian dan  rasa percaya diri anak dalam mengerjakan sesuatu, karena ia sadar akan kemampuan fisiknya.

Dari manfaat diatas, sungguh luar biasa jika peserta didik bisa memanfaatkan Ekskul tersebut dengan baik. Robotik dilaksanakan setiap hari Rabu dengan pembina Ustadz Gusti. Yang Alhamdulillah dalam 2 dekade mengikuti Olimpiade Robotik Pens ITS Surabaya masuk dalam  20 besar tingkat kota.

Salam Semangat Robotik SDM 18. (R-18)
writer : Ustd Rofiq
Share on Google Plus

About SD MUHAMMADIYAH 18

Full Day School Education: Merupakan sistem pendidikan yang menerapkan pembelajaran mulai pagi hingga sore hari. Pembelajaran yang dilakukan adalah Integrated learning dengan memadukan pembelajaran tuntas dan nyaman dipadukan dengan pembiasaan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari yang tidak lepas kerjasama dengan orang tua dalam aktivitasnya. Program tersebut diharapkan mampu membawa perubahan sikap, prilaku serta pola fikir yang melekat pada peserta didik sampai pada pergaulan dan lingkungan sekitarnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Alhamdulillah....PPDB Tahun Pelajaran 2018-2019 kuota terpenuhi, kami membuka inden Tahun Pelajaran 2019-2020, Terima kasih atas kepercayaan Bapak/Ibu Wali Murid sangat berharga bagi SD Muhammadiyah 18 Surabaya dalam mencetak generasi unggul, santun, dan berprestasi