Munaqosah Tilawati Siswa SD Muhammadiyah 18


Surabaya - Ratusan siswa - siswi sekolah dasar (SD) Muhammadiyah 18 Surabaya antusias mengikuti munaqosah. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai kawah candradimuka untuk menggembleng ilmu agama Islam, khususnya penguasaan Al-Quran sejak dini.
Munaqosah BTQ (Baca Tulis Al-Quran) digelar di Masjid Mahfudz Mulyorejo pada 09 – 10 Mei 2017. Sebanyak 480 siswa SD Muhammadiyah 18 ikut serta dalam munaqosah yang digelar tiap semester ini.
"Munaqosah ini di adakan setiap akhir semester baik ganjil maupun genap dengan tujuan untuk mengukur kemampuan siswa dalam membaca Al – qur’an serta untuk menentukan kenaikan tingkat jilid tilawatinya," kata koordinator tilawati SDM 18 Ust. Khoirurroziqin, S.Pd.I, Selasa (9/5/2017).
Menurut Ust. Rozi, sapaan koordinator tilawati SDM 18, pembelajaran Al – qur’an ini dilakukan setiap hari selama 40 menit, jadi selain siswa belajar materi wajib seperti matematika siswa juga belajar ngaji Al – qur’an setiap hari dengan tujuan melahirkan generasi islam yang menguasai ilmu umum/ sains juga menguasai ilmu agama islam. 

Ust. Rozi juga mengungkapkan untuk meningkatkan kualitas bacaan Al – qur’an sekolah SD Muhammadiyah 18 bekerja sama dengan Nurul Falah sebagai pembina assatidz dalam mengajar tilawati serta sebagai tim yang memantau perkembangan bina baca Al – qur’an siswa. Dengan demikian saat munaqosah yang menentukan naik jilid atau tidaknya seorang siswa ditentukan oleh tim tilawati dari Nurul Falah, ungkapnya. (Izzy)

About SD MUHAMMADIYAH 18

Islamic Full Day School Education:
Merupakan sistem pendidikan yang menerapkan pembelajaran integrated learning dengan memadukan pembelajaran tuntas dan nyaman serta pembiasaan karakter dan nilai islami dalam kehidupan sehari-hari yang tidak lepas kerjasama orang tua dalam aktivitasnya.Program tersebut diharapkan mampu membawa perubahan sikap, perilaku serta pola pikir yang melekat pada peserta didik sampai pada pergaulan dan lingkungan sekitarnya dengan menjadi muslim dan muslimah cerdas yang tangguh sebagai hamba Allah dan khalifah-Nya.

0 comentários:

Posting Komentar