SD Muhammadiyah 18 Ajak Siswa Mengukir Cita - Cita Setinggi Langit dengan Terbangkan Balon Impian












Surabaya - Sebanyak 90 siswa kelas I SD Muhammadiyah (SDM) 18 Surabaya melepaskan puluhan balon pada  Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) atau hari pertama masuk sekolah, Senin, sebagai simbol agar siswa baru dapat menggantungkan cita-citanya setinggi langit.

Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 18 Surabaya Ainul Rofiq mengatakan MPLS tahun ini sengaja dilakukan agar siswa baru lebih ceria dan semangat bersekolah dengan memperhatikan kesukaan para siswa-siswi, seperti menerbangkan balon warna-warni yang sudah disiapkan oleh sekolah.

"Hal ini juga dilakukan sebagai adaptasi lingkungan dan pola belajar bagi siswa baru. Agar murid-murid gemar bersekolah, kami sengaja memilih sesuatu yang bisa disenangi oleh anak-anak ini dan semoga dengan pelepasan balon ini cita-cita mereka bisa terwujud," kata Ainul Rofiq.

Puluhan siswa kelas I itu berjajar rapih membentuk barisan memadati lapangan sekolah. Didampingi para orang tua dan dibimbing guru dan mereka saling sapa sembari memegang balon yang bertuliskan biodata dan cita-citanya yang siap dilepaskan ke udara.

Setelah itu mereka berbaris membentuk angka 18, sebagai simbol sekolah sambil mengangkat kertas berwarna-warni.

"Atribut yang digunakan saat MPLS ini sudah disiapkan dari sekolah, jadi mereka hanya datang kesekolah hanya dengan rasa gembira saja," kata Ainul.

Selain mengombinasikan antara belajar dan bermain kepada murid kelas satu, pihak sekolah juga menerapkan membaca, menulis dan berhitung (calistung) sebagai upaya pemetaan minat belajar siswa.


"Calistung ini insya Allah tidak memberatkan dan memaksakan bagi para siswa tapi hanya untuk pemetaan saja, pada pemetaan kemarin 90 persen sudah bisa membaca menulis. Targetnya kelas III sudah bisa calistung," katanya.

About SD MUHAMMADIYAH 18

Islamic Full Day School Education:
Merupakan sistem pendidikan yang menerapkan pembelajaran integrated learning dengan memadukan pembelajaran tuntas dan nyaman serta pembiasaan karakter dan nilai islami dalam kehidupan sehari-hari yang tidak lepas kerjasama orang tua dalam aktivitasnya.Program tersebut diharapkan mampu membawa perubahan sikap, perilaku serta pola pikir yang melekat pada peserta didik sampai pada pergaulan dan lingkungan sekitarnya dengan menjadi muslim dan muslimah cerdas yang tangguh sebagai hamba Allah dan khalifah-Nya.

0 comentários:

Posting Komentar