Enjoy Learning; SD Muhammadiyah 18 Surabaya Padukan Edukasi dan Rekreasi


Menyaksikan dan mengunjungi langsung lahan pertanian merupakan suatu hal yang menyenagkan bagi siswa siswi sekolah dasar. Selain bisa memberikan wawasan dan edukasi juga sebagai wisata alam, melalui pembelajaran diluar kelas siswa dapat  mempraktekkan bagaimana cara menanam dengan benar serta dapat mengenal berbagai jenis tanaman dan membantu anak dalam memahami objek objek yang telah dipelajari didalam kelas.
Untuk tujuan itu SD Muhammadiyah 18 mengajak 100 siswanya kelas 2 bekunjung ke kebun pertanian milik Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional Surabaya, Hari Kamis (12/11). Saat tiba dilokasi siswa terlihat ceria dan antusias ketika bisa melihat dan mengenal langsung objek-objek yang telah dipelajari dalam buku. Pembelajaran ini dipandu langsung oleh Ir Didik Utomo Pribadi MP dan Joni Sumarsono SE salah satu dosen Fakultas Pertanian UPN.
"Saya senang sekali hari ini, saya bisa tau tanaman hias, tanaman toga, dan tanaman yang bisa kita makan" ujar Gita salah satu siswi dari kelas 2 Eagle. "Saya juga bisa tau cara menanam tumbuhan itu bagaimana" sahut Faza kelas 2 Butterfly.
Yeyen Ardiyanti SPd Ketua pelaksana kunjungan ini mengungkapkan bahwa "Pembelajaran luar kelas ini sengaja dikemas dalam bentuk kunjungan ke kebun pertanian agar anak-anak belajar dengan menyenangkan, tidak bosan serta berkesan, ungkapnya.

Pembelajaran luar kelas ini tidak hanya dilakukan di kelas 2 namun setiap jenjang kelas melakukannya dengan konsep yang berbeda sesuai dengan materi pembelajarannya sehingga akan ada ilmu dan pengalaman berbeda dan berkesan disetiap tahunnya. (Ziba / Izzy)






About SD MUHAMMADIYAH 18

Islamic Full Day School Education:
Merupakan sistem pendidikan yang menerapkan pembelajaran integrated learning dengan memadukan pembelajaran tuntas dan nyaman serta pembiasaan karakter dan nilai islami dalam kehidupan sehari-hari yang tidak lepas kerjasama orang tua dalam aktivitasnya.Program tersebut diharapkan mampu membawa perubahan sikap, perilaku serta pola pikir yang melekat pada peserta didik sampai pada pergaulan dan lingkungan sekitarnya dengan menjadi muslim dan muslimah cerdas yang tangguh sebagai hamba Allah dan khalifah-Nya.

0 comentários:

Posting Komentar