Sambut Supermoon, Ratusan Siswa Lakukan Simulasi Shalat Khusuf


Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 18 Surabaya mengimbau siswanya untuk beramai-ramai melaksanakan Shalat Gerhana Bulan menyambut berlangsungnya gerhana bulan nanty malam di masjid terdekat dengan rumahnya masingmasing. Namun sebelum melakukan shalat khusuf yang sesungguhnya pihak sekolah mengajak seluruh siswanya praktek dan simulasi terlebih dahulu yang dilakukan di masjid sekolah, Rabu (31/01) pagi.
Simulasi shalat gerhana yang dilakukan siswa SDM 18 Surabaya tak ubahnya seperti shalat sungguhan, ada di antara mereka yang bertugas menjadi imam, makmum, hingga khatib.
“Kami mengajarkam Shalat Gerhana kepada para siswa agar mereka paham dan dapat melaksanakannya dengan benar pada gerhana bulan nanti malam sesuai yang diajarkan oleh Rasulullah SAW,” ujar Ainul Rofiq, M.Pd.I kepala sekolah SD Muhammadiyah 18 Surabaya.
Sementara, Fajrul Islam Atsauri, S.Hi menjelaskan bahwa hal-hal yang dianjurkan ketika terjadi gerhana yakni shalat khusuf, perbanyak dzikir, dan bersedekah.  "Sebagaimana sabda Rasulullah SAW sesungguhnya matahari dan bulan merupakan tanda kebesaran Allah SWT. Namun keduanya tidak mengalami gerhana, karena kematian seseorang atau lahirnya seseorang. Namun, Allah lah yang menciptakan peristiwa gerhana matahari dan bulan itu. Karena itu, jika kalian melihat gerhana, segera lakukan shalat," katanya.
“Shalat gerhana bulan hukumnya sunnahmuakkad terdiri dari dua rakaat, tiap tiap rakaat dua kali ruku, dua kali membaca Al fatihah, dan surah pilihan, serta dua kali sujud.
Setelah shalat, diakhiri salam dilanjutkan dengan pembacaan khutbahshalat gerhana oleh khatib,” tambah Fajrul yang menjadi Khotib simulasi tersebut.
Kesan menyenangkan juga disampaikan salah satu siswa kegiatan itu, M. Naufal Izzudin Faiz yang duduk di kelas VI sekolah dasar yang juga berperan sebagai Imam shalat tersebut mengaku mendapat pelajaran yang penting.

“Senang belajar Shalat Gerhana, meski sempat grogi saat jadi Imam karena ini baru pertama kali melakukan shalat gerhana” ujarnya sambil tersenyum. (Izzy)









Share on Google Plus

About SD MUHAMMADIYAH 18

Full Day School Education: Merupakan sistem pendidikan yang menerapkan pembelajaran mulai pagi hingga sore hari. Pembelajaran yang dilakukan adalah Integrated learning dengan memadukan pembelajaran tuntas dan nyaman dipadukan dengan pembiasaan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari yang tidak lepas kerjasama dengan orang tua dalam aktivitasnya. Program tersebut diharapkan mampu membawa perubahan sikap, prilaku serta pola fikir yang melekat pada peserta didik sampai pada pergaulan dan lingkungan sekitarnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Alhamdulillah....PPDB Tahun Pelajaran 2018-2019 kuota terpenuhi, kami membuka inden Tahun Pelajaran 2019-2020, Terima kasih atas kepercayaan Bapak/Ibu Wali Murid sangat berharga bagi SD Muhammadiyah 18 Surabaya dalam mencetak generasi unggul, santun, dan berprestasi