Dua Siswa SD Muhammadiyah 18 Surabaya Ini Raih Juara I Kompetisi Robot Tingkat SD/MI Se Surabaya




Kembangkan inovasi dalam dunia pendidikan. PyBot terpilih sebagai alternatif media edukasi yang menyenangkan, cepat dan kreatif untuk anak-anak. Sebagai upaya pembelajaran yang kreatif, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) menggelar Kompetisi Robot Tingkat SD/MI Se-Surabaya.
Dua siswa dari SD Muhammadiyah 18 Surabaya, Tegar Mahesa Keenan Balapati dan Fachri Hamdani, yang kedua sama-sama duduk di bangku kelas 4 ini pun mewakili sekolah untuk mengikuti kompetisi robot tersebut yang diadakan hari Sabtu, (8/12/18) bertempat di Hall Gedung D4 PENS dan Laboratorium Pemrograman Realtime.
Kompetisi ini berlangsung dari pukul 08.00 - 15.00 WIB dengan diawali sambutan oleh CEO Pybot dan pemaparan materi pengenalan robot, wawasan tentang robot dan cara pembuatan robot. Disajikan pula sebuah simulasi tentang perakitan dan testing robot. Ada 3 perlombaan yang akan diikuti, antara lain ada Robot Sumo, Balon, dan Labirin.
Dua siswa SD Muhammadiyah 18 Surabaya yang menjadi perwakilan ini pun tanpa merasa gugup memainkan ketiga perlombaan tersebut. Fachri Hamdani sebagai penggerak robot yang memiliki alat (remotecontrol) tampak mahir dan terbiasa.

"Belum sempat latihan, tapi sangat menyenangkan bisa memainkan robot-robot dan mengenal PyBot sebagai media pembelajaran" ujar Fachri, yang diakui olehnya memang belum ada latihan sama sekali untuk mempersiapkan perlombaan ini.
Tegar Mahesa Keenan Balapati, siswa yang bertubuh tinggi ini juga menjelaskan bahwa dia tidak memiliki persiapan untuk mengikuti pertandingan robot ini. Namun, bukan berarti dia menyerah meskipun tanpa latihan. Tentunya ada usaha dan tekad yang kuat.
"Kami tidak berharap pulang membawa piala kejuaraan. Kalah dan menang itu hal yang biasa. Tetapi pengalaman yang membuat kita terus bangga dan berjuang. Semoga kedepannya diadakan terus kompetisi ini" terang Tegar
Di penghujung acara, pemenang kompetisi robot ini pun diumumkan. Keduanya tampak kaget, dengan diraihnya Juara I Kompetisi Robot Tingkat SD/MI Se-Surabaya ini membawa rasa bangga yang luar biasa. (Mitha)

Share on Google Plus

About SD MUHAMMADIYAH 18

Full Day School Education: Merupakan sistem pendidikan yang menerapkan pembelajaran mulai pagi hingga sore hari. Pembelajaran yang dilakukan adalah Integrated learning dengan memadukan pembelajaran tuntas dan nyaman dipadukan dengan pembiasaan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari yang tidak lepas kerjasama dengan orang tua dalam aktivitasnya. Program tersebut diharapkan mampu membawa perubahan sikap, prilaku serta pola fikir yang melekat pada peserta didik sampai pada pergaulan dan lingkungan sekitarnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Alhamdulillah....PPDB Tahun Pelajaran 2018-2019 kuota terpenuhi, kami membuka inden Tahun Pelajaran 2019-2020, Terima kasih atas kepercayaan Bapak/Ibu Wali Murid sangat berharga bagi SD Muhammadiyah 18 Surabaya dalam mencetak generasi unggul, santun, dan berprestasi