SD Muhammadiyah 18 Surabaya Peringati Hari Pendidikan Nasional dan Literasi


SD Muhammadiyah 18 Surabaya, bersamaan memperingati Hari Pendidikan Nasional dan Literasi dengan mengadakan upacara bendera pada hari Kamis (2/5/19) di halaman sekolah yang diikuti oleh seluruh siswa kelas 3-5 dengan guru dan karyawan sebagai petugas upacara. Upacara ini dipimpin langsung oleh Cahyo Iswahyudi, S.Pd selaku Kepala Sekolah.

Menariknya selama upacara berlangsung. Petugas upacara ini terdiri dari guru dan karyawan. Mulai dari pemimpin regu hingga pengibar bendera merah putih. Selain itu, kelompok paduan suara yang terpilih berhasil menyanyikan lagu nasional.

"Hari Pendidikan Nasional, bukan hanya milik instansi atau lembaga pendidikan melainkan milik seluruh anak bangsa, generasi muda yang berprestasi. Berkarya mewujudkan gerakan literasi di seluruh dunia" ujar Cahyo Iswahyudi, S.Pd selaku kepala sekolah dalam sambutannya.

Tidak hanya menggelar upacara bendera untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional dan Literasi, SD Muhammadiyah 18 Surabaya turut memeriahkannya dengan mengadakan berbagai macam perlombaan.

Yeyen Ardiyanti, S.Pd selaku ketua pelaksana dari kegiatan tersebut menjelaskan beberapa lomba yang diadakan, diantaranya ada lomba baca puisi yang diikuti oleh kelas 1-2, lomba membuat buku resensi dengan bentuk cerita yang berbeda-beda (fabel, cerita rakyat dan tokoh pahlawan nasional) oleh kelas 3-5, lomba mewarnai dan menulis cerita sesuai gambar diikuti oleh kelas 1-2 dan lomba story telling berbahasa Indonesia yang diikuti oleh kelas 3-5.

Perlombaan ini sekaligus menjadi ajang pemilihan Duta Literasi SD Muhammadiyah 18 Surabaya. Lomba yang ditunjuk adalah lomba story telling berbahasa Indonesia, peserta lomba yang memperoleh juara I akan menjadi Duta Literasi yang nantinya akan membantu generasi muda lainnya dalam aksi gerakan literasi, kreasi dan inovasi.

Terpilihnya Muhammad Fadly Andika Ramadhan dari kelas 4 Star yang meraih juara I lomba story telling berbahasa Indonesia sekaligus juga sebagai Duta Literasi SD Muhammadiyah 18 Surabaya.

"Awalnya saya dan teman-teman di kelas ada seleksi dari ustadzah Mitha untuk mengikuti lomba story telling ini, karena banyak sekali teman-teman yang ingin ikut juga. Selanjutnya, saya terpilih mewakili kelas 4 star dan mempersiapkan bahan cerita sekaligus properti untuk tampil diatas panggung dengan dibantu oleh Ustadzah" terang Fadly, siswa yang sering mengikuti berbagai lomba ini. Selamat! (Mitha)
Share on Google Plus

About SD MUHAMMADIYAH 18

Full Day School Education: Merupakan sistem pendidikan yang menerapkan pembelajaran mulai pagi hingga sore hari. Pembelajaran yang dilakukan adalah Integrated learning dengan memadukan pembelajaran tuntas dan nyaman dipadukan dengan pembiasaan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari yang tidak lepas kerjasama dengan orang tua dalam aktivitasnya. Program tersebut diharapkan mampu membawa perubahan sikap, prilaku serta pola fikir yang melekat pada peserta didik sampai pada pergaulan dan lingkungan sekitarnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Alhamdulillah....PPDB Tahun Pelajaran 2018-2019 kuota terpenuhi, kami membuka inden Tahun Pelajaran 2019-2020, Terima kasih atas kepercayaan Bapak/Ibu Wali Murid sangat berharga bagi SD Muhammadiyah 18 Surabaya dalam mencetak generasi unggul, santun, dan berprestasi